Sebagaimana  telah diketahui bersama, di akhir usia beliau kembali ke ‘aqidah  Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah setelah puluhan tahun lamanya beliau tenggelam  dalam ‘aqidah Mu’tazillah dan Kullabiyyah [lihat Wifaayatul-A’yaan oleh Ibnu Khalkaan Asy-Syaafi’iy 2/446, Al-Bidaayah wan-Nihaayah oleh Ibnu Katsir 11/187, Thabaqaat Asy-Syaafi’iyyah Al-Kubraa oleh  Taajuddin As-Subkiy 2/246, dan yang lainnya]. Adalah keliru jika banyak  kaum muslimin mengira beliau masih beraqidah Asy’ariyyah. Seorang imam  ahli hadits dan pakar sejarah Islam yang diakui, Abu ‘Abdillah  Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin ‘Utsman bin Qaimaz Ad-Dimasyqiy atau  yang lebih dikenal dengan Adz-Dzahabiy rahimahullah, telah mengumpulkan beberapa riwayat dan nukilan ‘aqidah seputar sifat Allah menurut Ahlus-Sunnah dalam kitab Al-‘Ulluw lil-‘Aliyyil-‘Adhiim, diantaranya adalah ‘aqidah Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah. Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah telah meringkas kitab tersebut dengan judul : Mukhtashar Al-‘Ulluw lil-‘Aliyyil-Ghaffaar.  Pada kesempatan kali ini, saya akan coba tuliskan ‘aqidah Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah sebagaimana tertera dalam kitab Mukhtashar Al-‘Ulluw lil-‘Aliyyil-Ghaffaar halaman 236-243 (Penerbit Al-Maktab Al-Islamiy, Cet. 1/1401 H) atau Al-‘Ulluw lil-‘Aliyyil-Ghaffaar halaman 159-163 (Penerbit Al-Maktabah As-Salafiyyah, Cet. 2/1388 H) :
Abul-Hasan Al-Asy’ariy (260 – 324 H)
1.    Telah  berkata Al-Imam Abul-Hasan ‘Aliy bin Isma’il bin Abi Bisyr Al-Asy’ariy  Al-Bashriy, seorang ahli ilmu kalam, dalam kitabnya yang berjudul Ikhtilaaful-Mushalliin wa Maqaalatul-Islaamiyyin  menyebutkan kelompok Khawarij, Rafidlah, Jahmiyyah, dan yang lainnya,  hingga kemudian beliau menyebutkan pernyataan Ahlus-Sunah dan Ashhaabul-Hadiits (dalam ‘aqidah) : جملة قولهم الإقرار بالله وملائكته وكتبه ورسله وبما جاء عن الله وما رواه الثقات عن رسول الله صلى الله عليه وسلم  لا يردون من ذلك شيئا. وأن الله على عرشه كما قال (الرحمن على العرش  استوى) وأنه له يدين بلا كيف كما قال : (لما خلقت بيدي). وأن أسماء الله لا  يقال إنها غير الله كما قالت المعتزلة والخوارج. وأقروا أن لله علما كما  قال:  (أنزله بعلمه) (وما تحمل من أنثى ولا تضع إلا  بعلمه). وأثبتوا السمع والبصر ولم ينفوا ذلك عن الله كما نفته المعتزلة.  وقالوا : لا يكون في الأرض من خير وشر إلا ما شاء الله وأن الأشياء تكون  بمشيئته كما قال تعالى : (وما تشاؤون إلا أن يشاء الله) إلى أن قال :  ويقولون : [إن] القرآن كلام الله غير مخلوق.
ويصدقون بالأحاديث التي جاءت عن رسول الله صلى الله عليه وسلم : (إن  الله ينزل إلى السماء الدنيا فيقول هل من مستغفر) كما جاء الحديث. ويقرون  أن الله يجيء يوم القيامة كما قال : (وجاء ربك والملك صفا صفا) وأن الله  يقرب من خلقه كما يشاء قال : (ونحن أقرب إليه من حبل الوريد) إلى أن قال :  فهذا جملة ما يأمرون به ويستعملونه ويرونه وبكل ما ذكرنا من قولهم نقول  وإليه نذهب وما توفيقنا إلا بالله.
“Kesimpulan dari perkataan mereka (Ahlus-Sunnah dan Ashhaabul-Hadiits)  adalah pengakuan kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya,  rasul-rasul-Nya, dan apa-apa yang datang dari Allah serta apa yang  disampaikan oleh para perawi tsiqaat dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam; tanpa menolak sedikitpun dari semua hal itu. Dan bahwasannya Allah berada di atas ‘Arsy-Nya sebagaimana firman-Nya : ‘(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas 'Arsy’ (QS. Thaha : 5). Juga (Allah) mempunyai dua tangan, sebagaimana firman-Nya : ‘Kepada yang telah Kuciptakan dengan kedua tangan-Ku’  (QS. Shaad : 75). Dan bahwasannya nama-nama Allah tidak dikatakan  sebagai selain Allah seperti dikatakan Mu’tazilah dan Khawarij. 
Mereka (Ahlus-Sunnah dan Ashhaabul-Hadiits) juga menetapkan bahwa Allah mempunyai ilmu, sebagaimana firman-Nya : ‘Allah menurunkannya dengan ilmu-Nya’ (QS. An-Nisaa’ : 166). ‘Dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya’ (QS. Fathir : 11). Mereka (Ahlus-Sunnah dan Ashhaabul-Hadiits)  juga menetapkan sifat mendengar serta melihat bagi Allah, dan tidak  menafikkannya dari Allah sebagaimana Mu’tazillah telah menafikkannya.  Mereka (Ahlus-Sunnah dan Ashhaabul-Hadiits) mengatakan :  ‘Tidak ada satupun kebaikan dan kejelekan yang terjadi di muka bumi  kecuali apa-apa yang telah dikehendaki Allah. Segala sesuatu terjadi  dengan kehendak-Nya, sebagaimana firman-Nya ta’ala : ‘Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah’ (QS. At-Takwir : 29)”.
Hingga beliau (Al-Imam Asy-ariy rahimahullah) berkata : “Dan mereka (Ahlus-Sunnah dan Ashhaabul-Hadiits) berkata : ‘Sesungguhnya Al-Qur’an adalah Kalamullah, bukan makhluk”.
Dan mereka (Ahlus-Sunnah dan Ashhaabul-Hadiits) membenarkan hadits-hadits yang datang dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘Sesungguhnya Allah turun ke langit dunia, dan berfirman : Apakah ada orang yang memohon ampun (kepada-Ku) ?’; sebagaimana disebutkan dalam hadits. Mereka pun mengakui bahwa Allah akan datang pada hari kiamat sebagaimana firman-Nya : ‘Dan datanglah Tuhanmu, sedang malaikat berbaris-baris’ (QS. Al-Fajr : 22). Dan bahwasannya Allah dekat dengan makhluk-Nya seperti yang Dia kehendaki, sebagaimana firman-Nya : ‘Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya’ (QS. Qaaf : 16)”. 
Hingga beliau (Al-Imam Al-Asy’ariy rahimahullah) berkata : “Ini semua adalah kesimpulan dari apa yang mereka (Ahlus-Sunnah dan Ashhaabul-Hadiits)  perintahkan dengannya, dan mereka amalkan dan berpendapat. Semua yang  kami sebutkan dari perkataan mereka adalah juga yang kami katakan dan  bermadzhab dengannya. Dan tidak ada yang memberikan taufiq kepada kita  melainkan Allah”. 2.    Al-Imam Al-Asy’ariy rahimahullah menyebutkan dalam kitabnya di atas (yaitu : Maqaalatul-Islaamiyyiin)  pada bab : ‘Apakah Allah berada di suatu tempat tertentu, atau tidak  berada di suatu tempat, atau berada di setiap tempat ?’ ; maka beliau  berkata :
إختلفوا  في ذلك على سبع عشرة مقالة منها قال أهل السنة وأصحاب الحديث إنه ليس بجسم  ولا يشبه الأشياء وإنه على العرش كما قال : (الرحمن على العرش استوى). ولا  نتقدم بين يدي الله بالقول، بل نقول استوى بلا كيف وإن له يدين كما قال : (خلقت بيدي) وإنه ينزل إلى سماء الدنيا كما جاء في الحديث.
ثم قال : وقالت المعتزلة استوى على عرشه بمعنى إستولى وتأولوا اليد بمعنى النعمة وقوله تجري بأعيننا أي بعلمنا
“Mereka  (para ulama) berbeda pendapat tentang permasalahan tersebut menjadi  tujuh belas pendapat. Diantara pendapat-pendapat tersebut adalah  pendapat Ahlus-Sunnah dan Ashhaabul-Hadiits yang  mengatakan bahwa Allah tidak bersifat mempunyai badan (seperti makhluk),  dan tidak pula Dia menyerupai sesuatupun (dari makhluk-Nya). Dan  bahwasannya Dia berada di atas ‘Arsy sebagaimana firman-Nya : ‘(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas 'Arsy’  (QS. Thaha : 5). Kami tidak mendahului Allah dengan satu perkataanpun  tentangnya, namun kami mengatakan bahwa Allah bersemayam (istiwaa’) tanpa menanyakan bagaimananya. Dan bahwasannya Allah mempunyai dua tangan sebagaimana firman-Nya : ‘Kepada yang telah Kuciptakan dengan kedua tangan-Ku’ (QS. Shaad : 75). Dan bahwasannya Allah turun ke langit dunia sebagaimana yang terdapat dalam hadits”.
Kemudian beliau (Al-Imam Al-Asy’ariy) berkata : “Mu’tazillah berkata : ‘Allah bersemayam (istiwaa’) di atas ‘Arsy-Nya’ ; dengan makna menguasai (istilaa’). Dan mereka menta’wilkan pengertian tangan (Allah) dengan nikmat. (Dan juga menakwilkan) firman-Nya : ‘Yang berlayar dengan mata-mata Kami’ (QS. Al-Qamar ; 14), yaitu :  dengan ilmu Kami”. 3.    Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah berkata dalam kitabnya yang berjudul Jumalul-Maqaalaat : 
رأيته بخط المحدث أبي علي بن شاذان فسرد نحوا من هذا الكلام في مقالة أصحاب الحديث. تركت إيراد ألفاظه خوف الإطالة والمعنى واحد
“Aku melihat tulisan Muhaddits Abu ‘Aliy bin Syaadzaa – lalu menuangkan perkataan yang semisal dengan di atas dalam (Bab) Maqaalaatu Ashhaabil-Hadiits.  Aku tingalkan penyebutan lafadhnya karena khawatir akan menjadi panjang  (pembahasannya), padahal maknanya adalah satu (sebagaimana telah  disebutkan sebelumnya)”.
4.    Telah berkata Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah dalam kitabnya Al-Ibaanah fii Ushuulid-Diyaanah, pada Baab Al-Istiwaa’ :
فإن  قال قائل : ما تقولون في الإستواء ؟. قيل [له] نقول : نقول إن الله مستو  على عرشه كما قال : (الرحمن على العرش استوى) وقال : (إليه يصعد الكلم  الطيب) وقال : (بل رفعه الله إليه) وقال حكاية عن فرعون : (وقال فرعون يا  هامان ابن لي صرحا لعلي أبلغ الأسباب أسباب السموات فأطلع إلى إله موسى  وإني لأظنه كاذبا). فكذب موسى في قوله : إن الله فوق السموات. وقال عزوجل :  (أأمنتم من في السماء أن يخسف بكم الأرض) فالسموات فوقها العرش، فلما كان  العرش فوق السموات. وكل ما علا فهو سماء، وليس إذا قال : (أأمنتم من في  السماء) يعني جميع السموات، وإنما أراد العرش الذي هو أعلى السموات، ألا  ترى أنه ذكر السموات فقال : (وجعل القمر فيهن نورا) ولم يرد أنه يملأهن  جميعا، [وأنه فيهن جميعا]. قال : ورأينا المسلمين جميعا يرفعون أيديهم -  إذا دعوا - نحو السماء لأن الله مستو على العرش الذي هو فوق السماوات، فلو  لا أن الله على العرش لم يرفعوا أيديهم نحو العرش.
“Apabila seseorang bertanya : ‘Apa yang engkau katakan mengenai istiwaa’ ?’. Maka dikatakan kepadanya : ‘Kami mengatakan sesungguhnya Allah bersemayam (istiwaa’) di atas ‘Arsy-Nya sebagaimana firman-Nya : ‘(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas 'Arsy’ (QS. Thaha : 5). ‘Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik’ (QS. Fathir : 10). ‘Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya’ (QS. An-Nisaa’ : 158). Allah juga berfirman mengenai hikayat/cerita Fir’aun :  ‘Dan berkatalah Firaun: "Hai Haman, buatkanlah bagiku sebuah bangunan  yang tinggi supaya aku sampai ke pintu-pintu, (yaitu) pintu-pintu  langit, supaya aku dapat melihat Tuhan Musa dan sesungguhnya aku  memandangnya seorang pendusta" (QS. Al-Mukmin : 36-37). Fir’aun mendustakan Musa yang mengatakan : ‘Sesungguhnya Allah berada di atas langit’. Allah ‘azza wa jalla berfirman : ‘Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa Dia akan menjungkirbalikkan bumi bersama kamu’ (QS. Al-Mulk : 16). Yang berada di atas langit adalah ‘Arsy (dimana Allah bersemayam/ber-istiwaa’ di atasnya). Ketika ‘Arsy berada di atas langit, maka segala sesuatu yang berada di atas disebut langit (as-samaa’). Dan bukanlah yang dimaksud jika dikatakan : ‘Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit’  ; yaitu semua langit, namun yang dimaksud adalah ‘Arsy yang berada di  puncak semua langit. Tidakkah engkau melihat bahwasannya ketika Allah  menyebutkan langit-langit, Dia berfirman : ‘Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya’ (QS.Nuuh : 16) ? Bukanlah yang dimaksud bahwa bulan memenuhi seluruh langit dan berada di seluruh langit”. 
Beliau (Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah)  melanjutkan : “Dan kami melihat seluruh kaum muslimin mengangkat tangan  mereka – ketika berdoa – ke arah langit, karena (mereka berkeyakinan)  bahwa Allah bersemayam (istiwaa’) di ‘Arsy yang berada  di atas semua langit. Jika saja Allah tidak berada di atas ‘Arsy, tentu  mereka tidak akan mengarahkan tangan mereka ke arah ‘Arsy”.
وقد قال قائلون من المعتزلة والجهمية والحرورية : إن معنى استوى إستولى وملك وقهر، وأنه تعالى في كل مكان، وجحدوا أن يكون على عرشه، كما قال أهل الحق، وذهبوا في الإستواء إلى القدرة، فلو كان كما قالوا كان لا فرق بين العرش وبين الأرض السابعة لأنه قادر على كل شيء، والأرض شيء، فالله قادر عليها وعلى الحشوش.
وكذا لو كان مستويا على العرش بمعنى الإستيلاء، لجاز أن يقال : هو مستو على الأشياء كلها ولم يجز عند أحد من المسلمين أن يقول : إن الله مستو على الأخلية والحشوش، فبطل أن يكون الإستواء [على العرش] : الإستيلاء.
“Dan telah berkata orang-orang dari kalangan Mu’tazillah, Jahmiyyah, dan Haruriyyah (Khawarij) : ‘Sesungguhnya makna istiwaa’ adalah menguasai (istilaa’), memiliki, dan mengalahkan. Allah ta’ala berada di setiap tempat’. Mereka mengingkari keberadaan Allah di atas ‘Arsy-Nya, sebagaimana yang dikatakan oleh Ahlul-Haq (Ahlus-Sunnah). Mereka (Mu’tazillah, Jahmiyyah, dan Haruriyyah) memalingkan (mena’wilkan) makna istiwaa’ kepada kekuasaan/kemampuan (al-qudrah).  Jika saja hal itu seperti yang mereka katakan, maka tidak akan ada  bedanya antara ‘Arsy dan bumi yang tujuh, karena Allah berkuasa atas  segala sesuatu. Bumi adalah sesuatu, dimana Allah berkuasa atasnya dan  atas rerumputan. 
Begitu juga apabila istiwaa’ di atas ‘Arsy itu bermakna menguasai (istilaa’), maka akan berkonsekuensi untuk membolehkan perkataan : ‘Allah ber-istiwaa’ di  atas segala sesuatu’. Namun tidak ada seorang pun dari kaum muslimin  yang membolehkan untuk berkata : ‘Sesungguhnya Allah ber-istiwaa’ di tanah-tanah kosong dan rerumputan’. Oleh karena itu, terbuktilah kebathilan perkataan bahwa makna istiwaa’ (di atas ‘Arsy) adalah istilaa’ (menguasai)”.
Kemudian Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah menyebutkan beberapa dalil dari Al-Kitab (Al-Qur’an), As-Sunnah, dan akal selain yang tersebut di atas. 5.    Al-Imam Abu Bakr bin Faurak menukil perkataan di atas dari para ahli hadits, dari Abul-Hasan Al-Asy’ariy dalam kitab Al-Maqaalaatu wal-Khilaaf Bainal-Asy’ariy wa Baina Abi Muhammad ‘Abdillah bin Sa’iid bin Kullaab Al-Bashriy – tulisan Ibnu Faurak. Beliau (Ibnu Faurak) berkata :
الفصل الأول في ذكر ما حكى أبو الحسن رضي الله عنه في كتاب المقالات من جمل مذاهب أصحاب الحديث وما أبان في آخره أنه يقول بجميع ذلك.
 “Pasal Pertama : Penyebutan  Apa-Apa yang Dihikayatkan Abul-Hasan Radliyallaahu ‘anhu dalam Kitab  Al-Maqaalaat dari Kumpulan Pendapat Ashhaabul-Hadiits dan Apa yang  Dijelaskan di Akhir Kitab tersebut Bahwa Beliau Mengatakan Keseluruhan  Pendapat Tersebut.”
Ibnu Faurak kemudian menyatakan perkataan tersebut apa adanya, lalu berkata di bagian akhirnya : 
فهذا تحقيق لك من ألفاظه أنه معتقد لهذه الأصول التي هي قواعد أصحاب الحديث وأساس توحيدهم
“Ini  adalah satu penelitian bagi Anda dari perkataan Al-Asy’ariy bahwasannya  beliau berkeyakinan dengan prinsip ini dimana hal itu merupakan kaidah  yang dipegang oleh Ashhaabul-Hadiits dan pondasi bagi ketauhidan mereka”.
Telah berkata Al-Haafidh Abul-‘Abbas Ahmad bin Tsaabit Ath-Tharqiy : Aku pernah membaca kitab Abul-Hasan Al-Asy’ariy yang berjudul Al-Ibaanah beberapa dalil yang menetapkan al-istiwaa’ (bersemayam). Beliau berkata dalam kesimpulan atas hal tersebut : ومن دعاء أهل الإسلام إذا هم رغبوا إلى الله يقولون : يا ساكن العرش ومن حلفهم : لا والذي إحتجب بسبع.
“Termasuk salah satu doa orang Islam saat mereka berharap kepada Allah, mereka berkata : ‘Wahai yang penghuni ‘Arsy dan Dzat yang dijadikan sumpah oleh mereka’ ; tidak (dikatakan) : ‘Demi Dzat yang terhijab oleh tujuh langit”. 6.    Telah berkata Al-Ustadz Abul-Qaasim Al-Qusyairiy rahimahullah dalam Syikaayatu Ahlis-Sunnah :
ما  نقموا من أبي الحسن الأشعري إلا أنه قال بإثبات القدر، وإثبات صفات الجلال  لله، من قدرته، وعلمه، وحياته، وسمعه، وبصره، ووجهه، ويده، وأن القرآن  كلامه غير مخلوق.
سمعت  أبا علي الدقاق يقول : سمعت زاهر بن أحمد الفقيه يقول مات الأشعري رحمه  الله ورأسه في حجري فكان يقول شيئا في حال نزعه لعن الله المعتزلة موهوا  ومخرقوا
“Tidaklah  mereka membenci Abul-Hasan Al-Asy’ariy kecuali karena ia telah  menetapkan adanya qadar, menetapkan sifat keagungan bagi Allah, mulai  dari kekuasaan-Nya, ilmu-Nya, hidup-Nya, pendengaran-Nya,  penglihatan-Nya, wajah-Nya, tangan-Nya, dan bahwasannya Al-Qur’an adalah  kalamullah, bukan makhluk.
Aku  pernah mendengar Abu ‘Aliy Ad-Daqaaq berkata : Aku pernah mendengar  Zaahir bin Ahmad Al-Faqiih berkata : ‘Ketika Al-Asy’ariy rahimahullah menjelang wafat, kepalanya berada di pangkuanku, maka beliau mengatakan : ‘Semoga Allah melaknat Mu’tazillah. Mereka telah tertipu dan telah berdusta”. 7.    Telah berkata Al-Haafidh Al-Hujjah Abul-Qaasim bin Al-‘Asaakir dalam kitabnya Tabyiinu Kadzibil-Muftariy fii maa Nusiba ilaa Al-Asy’ariy :
فإذا  كان أبو الحسن رحمه الله كما ذكر عنه من حسن الإعتقاد، مستصوب المذهب عند  أهل المعرفة والإنتقاد، يوافقه في أكثر ما يذهب إليه أكابر العباد، ولا  يقدح في مذهبه غير أهل الجهل والعناد، فلا بد أن يحكى عنه معتقده على وجهه  بالأمانة، ليعلم حاله في صحة عقيدته في الديانة، فاسمع ما ذكره في كتاب  الإبانة فإنه قال : ((الحمد لله الواحد العزيز الماجد، المتفرد بالتوحيد،  المتمجد بالتمجيد، الذي لا تبلغه صفات العبيد، وليس له مثل ولا نديد....)).  فرد في خطبته على المعتزلة والقدرية والجهمية [والرافضة. إلى أن قال : فإن قال قائل : قد أنكر تم قول المعتزلة والقدرية والجهمية] والحرورية  والرافضة والمرجئة، فعرفونا ما قولكم الذي تقولون، وديانتكم التي بها  تدينون ؟ قيل له : قولنا الذي به نقول، وديانتنا التي بها ندين، التمسك  بكتاب الله وسنة نبيه صلى الله عليه وسلم، وما روي عن الصحابة والتابعين  وأئمة الحديث، ونحن بذلك معتصمون، وبما كان عليه أحمد بن حنبل نضر الله  وجهه قائلون، ولمن خالف قوله مجانبون، لأنه الإمام الفاضل، والرئيس الكامل،  الذي أبان الله به الحق عند ظهور الضلال، وأوضح به المنهاج، وقمع به  المبتدعين، فرحمه الله من إمام مقدم، وكبير مفهم وعلى جميع أئمة المسلمين.
“Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah, sebagaimana telah disebutkan dari beliau, adalah seorang yang mempunyai keyakinan (i’tiqad)  yang baik, sesuai dengan madzhab yang ditempuh para ulama, dimana  sebagian besar perkataannya mencocoki madzhab mereka (para ulama). Tidak  ada yang mencela madzhabnya  kecuali dari kalangan orang-orang bodoh dan ingkar. Maka, sudah  seharusnya bagi seseorang yang ingin menjelaskan i'tiqadnya disertai  rasa amanah agar dapat diketahui kebenaran ‘aqidahnya dalam perkara  agama. Maka, dengarkanlah apa yang telah ia sebutkan dalam kitabnya yang  berjudul Al-Ibaanah : ‘Segala puji bagi Allah Yang Maha  Esa, Maha Agung, dan Maha Terpuji. Yang sendiri dengan keesaan-Nya,  yang terpuji dengan pujian, yang tidak sampai kepada-Nya sifat-sifat  hamba, dan tidak ada kesamaan maupun tandingan bagi-Nya…”. Beliau  (Al-Imam Al-Asy’ariy) membantah dalam khutbahnya kepada Mu’tazillah,  Jahmiyyah, dan Raafidlah. Hingga kemudian beliau berkata : Apabila ada  seseorang mengatakan jika engkau telah mengingkari/membantah secara  lengkap perkataan Mu’tazillah, Qadariyyah, Jahmiyyah,  Haruriyyah/Khawarij, Raafidlah, dan Murji’ah; maka beritahukanlah kepada  kami tentang perkataan yang menjadi pendapat dan agama bagimu ! Maka  katakanlah padanya : ‘Perkataan yang kami katakan dan agama yang kami  anut adalah berpegang-teguh kepada Kitabullah (Al-Qur’an), Sunnah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan apa-apa yang diriwayatkan dari shahabat, tabi’in,  serta para imam ahli-hadits. Kami berpegang teguh terhadap hal itu. Dan  juga, dengan agama (pemahaman) yang Ahmad bin Hanbal berada di atasnya –  semoga Allah membaguskan wajahnya. Barangsiapa yang menyelisihi  perkataannya (Ahmad bin Hanbal) adalah para pembangkang, karena ia  adalah seorang imam yang utama dan pemimpin yang sempurna dimana Allah  telah memberikan penjelasan kebenaran melalui perantaraannya di saat  muncul kesesatan. Melalui perantaraannya, Allah juga telah menjelaskan  manhaj yang benar dan membungkam ahlul-bida’. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada imam yang unggul dan agung, serta kepada seluruh imam-imam kaum muslimin.
وجملة  قولنا : أن نقر بالله وملائكته وكتبه ورسله، وما جاء من عند الله، وما  رواه الثقات عن رسول الله صلى الله عليه وسلم، لا نرد من ذلك شيئا، وأن  الله إله واحد فرد صمد، لا إله غيره، وأن محمدا عبده ورسوله، وأن الجنة  والنار حق، وأن الساعة آتية لا ريب فيها، وأن الله يبعث من في القبور، وأن  الله تعالى مستو على عرشه كما قال : (الرحمن على العرش استوى) وأن له وجها  كما قال : (ويبقى وجه ربك) وأنه له يدين كما قال : (بل يداه مبسوطتان) وأن  له عينين بلا كيف كما قال : (تجري بأعيننا) وأن من زعم أن اسم الله غيره  كان ضالا، وندين أن الله يرى بالأبصار يوم القيامة كما يرى القمر ليلة  البدر، يراه المؤمنون - إلى أن قال : 
وندين بأنه يقلب القلوب، وأن القلوب بين إصبعين من أصابعه، وأنه يضع السموات والأرض على إصبع، كما جاء في الحديث، - إلى أن قال : -
وأنه  يقرب من خلقه كيف شاء كما قال : (ونحن أقرب إليه من حبل الوريد) وكما قال :  (ثم دنا فتدلى فكان قاب قوسين أو أدنى) ونرى مفارقة كل داعية إلى بدعة،  ومجانبة أهل الأهواء، وسنحتج لما ذكرناه من قولنا وما بقي [منه] بابا بابا،  وشيئا شيئا.
Dan  kesimpulan perkataan kami adalah : ‘Kami mengakui Allah, para  malaikat-Nya. Kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan apa-apa yang datang  dari sisi Allah, serta apa-apa yang diriwayatkan oleh para perawi tsiqaat dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam.  Kami tidak menolak satupun dari hal tersebut sedikitpun. Dan  bahwasannya Allah adalah Tuhan yang Esa, tempat bergantung, tidak ada  tuhan yang berhak disembah selain Dia. Dan bahwasannya Muhammad adalah  hamba sekaligus utusan-Nya, surga dan neraka adalah haq (benar), kiamat  akan datang tanpa ada keraguan di dalamnya, Allah akan membangkitkan  manusia dari kuburnya, Allah ta’ala bersemayam (istiwaa’) di atas ‘Arsy-Nya sebagaimana firman-Nya : ‘(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas 'Arsy’ (QS. Thaha : 5). Allah mempunyai wajah, sebagaimana firman-Nya : ‘Dan tetap kekal wajah Tuhan-Mu’ (QS. Ar-Rahmaan : 27). Allah mempunyai dua tangan sebagaimana firman-Nya : ‘Tetapi kedua tangan Allah terbuka’ (QS. Al-Maaidah : 64). Allah mempunyai dua mata tanpa ditanyakan bagaimananya, sebagaimana firman-Nya : ‘Yang berlayar dengan mata-mata Kami’  (QS. Al-Qamar : 14). Dan barangsiapa yang berkeyakinan bahwa nama Allah  bukanlah Allah, maka ia adalah orang yang sesat. Kami meyakini bahwa  Allah kelak akan dilihat dengan penglihatan (mata) pada hari kiamat oleh  kaum mukminin sebagaimana dilihatnya bulan di malam purnama”. Hingga  beliau (Al-Imam Al-Asy’ariy) berkata :
Kami  berkeyakinan bahwasannya Allah membolak-balikkan hati, dan hati-hati  manusia itu berada di antara dua jari di antara jari-jari Allah. Juga,  bahwasannya Allah meletakkan semua langit dan bumi di atas satu jari,  sebagaimana tercantum dalam hadits”. Hingga beliau (Al-Imam Al-Asy’ariy)  berkata :
“Dan bahwasannya Allah itu dekat dengan makhluk-Nya dengan kehendak-Nya, sebagaimana firman-Nya : ‘Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat kehernya’ (QS. Qaaf : 16). ‘Kemudian  dia mendekat, lalu bertambah dekat lagi, maka jadilah dia dekat (pada  Muhammad sejarak) dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi)’  (QS. An-Najm : 8-9). Sedangkan di sisi lain kami melihat jauhnya setiap  penyeru bid’ah dan pengikut hawa nafsu (dari agama dan pemahaman yang  benar ini). Kami akan berhujjah (berargumentasi) dengan apa yang telah  kami sebutkan tadi bab per bab secara rinci”. 
Kemudian Ibnu ‘Asakir berkata :
فتأملوا رحمكم الله هذا الإعتقاد ما أوضحه وأبينه، واعترفوا بفضل هذا الإمام الذي شرحه وبينه.
“Maka  renungkanlah – semoga Allah memberikan rahmat kepada kalian –  i’tiqad/keyakinan ini. Alangkah terang dan jelasnya keyakinan ini. Dan  hendaknya kalian mengakui keutamaan imam ini (yaitu Abul-Hasan  Al-Asy’ariy) yang telah menjelaskan dan menerangkannya (kepada kalian  semua)”. 8.    Telah berkata Al-Haafidh Ibnu ‘Asaakir : “Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy telah berkata dalam kitabnya yang berjudul Al-‘Imad fir-Ru’yah :
ألفنا  كتابا كبيرا في الصفات تكلمنا فيه على أصناف المعتزلة والجهمية، فيه فنون  كثيرة من الصفات في إثبات الوجه واليدين، وفي إستوائه على العرش.
كان  أبو الحسن أولا معتزليا أخذ عن أبي علي الجبائي، ثم نابذه ورد عليه، وصار  متكلما للسنة، ووافق أئمة الحديث في جمهور ما يقولونه، وهو ما سقناه عنه من  أنه نقل إجماعهم على ذلك وأنه موافقهم. وكان يتوقد ذكاء، أخذ علم الأثر عن  الحافظ زكريا الساجي. وتوفي سنة أربع وعشرين وثلاثمائة، وله أربع وستون  سنة رحمه الله تعالى.
“Kami telah menulis  satu kitab besar dalam permasalahan sifat-sifat (Allah) dimana kami  berbicara dari sudut pandang kelompok Mu’tazillah dan Jahmiyyah. Padanya  terdapat berbagai macam pembahasan sifat dalam penetapan wajah dan dua  tangan, serta istiwaa’-Nya di atas ‘Arsy”. Abul-Hasan  Hasan pada mulanya adalah seorang Mu’tazillah yang mengambil pemahaman  dari Abu ‘Ali Al-Juba’iy. Kemudian beliau meninggalkannya dan menolaknya  serta berpaling menjadi seorang mutakallim (ahli ilmu  kalam) Sunah. Para imam ahli hadits menyepakati sebagian besar apa yang  dikatakannya. Demikianlah yang kami tuturkan dari beliau, bahwasannya  beliau mengutip ijma’ mereka dan setuju dengan pendapat mereka. Beliau  adalah orang yang cerdas, mempelajari ilmu atsar (hadits) dari  Al-Haafidh Zakariyyah As-Saajiy. Beliau wafat pada tahun 324 H dalam  usia 64 tahun. Semoga Allah memberikan rahmat kepada beliau”.
[selesai]
Dapat kita lihat dari keterangan di atas bahwa manhaj Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah sangat berbeda dengam kaum Asy’ariyyah (Asyaa’irah). Beliau telah menetapkan sifat-sifat Allah ta’ala yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah Ash-Shahiihah sebagaimana dhahirnya. Beliau rahimahullah menetapkan sifat istiwaa’,  tangan, wajah, turun, dan yang lainnya. Bahkan yang menunjukkan manhaj  beliau yang bertolak belakang dengan kaum Asy’ariyyah adalah  pengingkaran beliau tentang ta’wil istiwaa’ dengan istilaa’ (menguasai)  atau tangan dengan nikmat. Keyakinan ini adalah keyakinan Mu’tazillah  dimana beliau dulu pernah berkeyakinan dengannya. Oleh sebab itu,  keyakinan/’aqidah kaum Asy’ariyyah yang ada sekarang ini (dimana mereka  gemar menta’wilkan sifat-sifat Allah – dan ini diingkari oleh Abul-Hasan  Al-Asy’ariy) adalah keyakinan Mu’tazillah yang telah beliau tinggalkan  sebelum taubatnya.
‘Wahabi’ Telah Memalsukan Kitab Al-Ibaanah ?
Ini  adalah tuduhan yang getol dikampanyekan oleh kaum Asy’ariyyah kepada  Ahlus-Sunnah. Sebelum ini mereka menolak penisbatan kitab Al-Ibaanah kepada Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah.  Namun karena bukti-bukti yang ada sedemikian kuat menunjukkan bahwa  kitab tersebut memang benar-benar karya Al-Imam Al-Asy’ariy,  maka mereka beralih kepada tuduhan lain tentang adanya pemalsuan kitab  tersebut. Saya ambil sedikit contoh dari perkataan mereka (yaitu  perkataan orang yang sangat benci kepada dakwah salaf :  Abu Syafiq Al-Ahbasyiy - yang kemudian banyak ditaqlidi oleh seorang jahil yang menamakan dirinya Salafytobat) : Al-Allamah al-Kauthari ada menyatakan pada pada muqaddimah kitab tabyin kizb al-muftari : Naskhah kitab al-Ibanah yang  dicetak di India adalah merupakan naskhah yang telah dipalsukan  sebahagian dari isinya, adalah menjadi kewajipan untuk mencetak semula  sebagaimana yang asal dari manuskrip yang dipercayai.
Dr Abd rahman Badawi didalam kitabnya berjodol mazahib islamiyyin menyokong pandangan al-Kauthari dengan katanya :
Apa yang telah disebut oleh al-Kauthari adalah merupakan suatu yang benar , dimana kitab al-Ibanah telah dicetak semula di India dengan permainan pehak-pehak jahat
Kita katakan : 
Bagaimana  bisa Al-Kautsariy (yang kemudian diamini oleh Abdurrahman Badawiy)  mengatakan bahwa manuskrip yang ada di India adalah cetakan yang salah  padahal ia tidak melakukan perbandingan dan penelitian di antara  manuskrip-manuskrip yang ada ? Tidak lain ia mengatakan hal itu karena  bertentangan dengan ‘aqidahnya yang Jahmiyyah. Bagi para peneliti, tentu  tidak asing bagaimana talbis yang biasa dilakukan oleh Al-Kautsari ini, sebagaimana ia lakukan pada kitab Al-Baihaqiy yang berjudul Al-Asmaa’ wash-Shifaat. Sudah sangat dimaklumi bahwa tahqiq (penelitian) kitab tidaklah berkembang di kalangan ahlul-bida’.  Mereka banyak menghukumi bukan berdasarkan ilmu, namun hanya  berdasarkan hawa nafsu. Memang benar ada beberapa ‘kekeliruan’ pada  manuskrip di India, namun itu jumlahnya sedikit. Dr. Shaalih bin Muqbil  Al-‘Ashimiy hafidhahullah telah menulis desertasi S3 tentang kitab Al-Ibaanah. Beliau banyak menelaah beberapa manuskrip kitab Al-Ibaanah diantaranya  : Manuskrip yang tersimpan di Daarul-Kutub Al-Quumiyyah Al-Mishriyyah  di Kairo, bernomor 107 & 377; manuskrip Hindiyyah yang tersimpan di  Maktabah Jaami’ah ‘Utsmaniyyah di Heidar-Abad, nomor 502; manuskrip yang  tersimpan di Maktabah Azhariyyah, nomor 904; dan lain-lain. Juga  beberapa cetakan dari beberapa penerbit seperti : Cetakan Dr. Fauqiyyah  Mahmud, Cet. Daarul-Bayan Beirut dengan pentahqiq Basyir ‘Uyuun, Cet.  Daarun-Nafaais Beirut dengan pentahqiq ‘Abbas Shabbaagh, dan yang  lainnya.
Oleh karena itu, perkataan mereka (= Abu Syafiq Al-Ahbasyiy) :
Setelah merujuk kepada semua cetakan kitab Al-Ibanah
adalah  merupakan bualan semata. Kita ketahui bahwa seorang Abu Syafiq  Al-Ahbasyiy tidak mempunyai kapasitas sebagai seorang pentahqiq. Selain  disebabkan banyaknya kedustaan yang telah ia lakukan dalam banyak  tulisannya, juga perlu kita tanyakan : ‘Dari mana ia mendapati semua cetakan ataupun manuskrip kitab Al-Ibaanah sebagai bahan untuk men-tahqiq satu  kitab ? Sedangkan dalam tulisannya hanya tersebut dua cetakan saja  (yaitu Cet. Dr. Fauqiyyah dan Cet. Universitas Islam Madinah !?!  Bagaimana ia bisa melakukan perbandingan dan penelitian ?
Ia (Abu Syafiq Al-Ahbasyiy) mengatakan :
Bahkan tertera pada cetakan kitab Al-Ibanah ‘An Usuli Ad-Diyanah oleh  Imam Abu Hasan Al-Asya’ry yang diTahkik Oleh Dr. Fauqiyah Husain  Mahmoud , Prof Di Universiti ‘ain Syam Kaherah Mesir cetakan 2 Tahun  1987 M didapati dalam kitab Al-Ibanah tersebut Al-Imam Abu Hasan  Al-Asya’ary menyatakan : ‘Istiwa Allah bukan bersentuhan, bukan menetap, bukan mengambil tempat, bukan meliputi Arasy, bukan bertukar tempat,  bukanlah Allah diangkat oleh Arasy bahkan Arasy dan malaikat pemikul  arasy-lah yang diangkat oleh Allah dengan kekuasaan-Nya, dan mereka  dikuasai oleh Allah dengan keagungan-Nya”
Pernyataannya  dan nukilannya ini justru semakin memperjelas pernyataan bahwa Abu  Syafiq bukan merupakan orang berilmu yang mempunyai kemampuan melakukan  penelitian terhadap kitab para ulama. Ia hanya membaca, menukil, dan  membenarkan satu pernyataan yang berkesesuaian dengan hawa nafsunya. 
Saya  katakan : Justru cetakan Dr. Fauqiyyah Mahmud yang ia nukil – dan  kemudian ia benarkan – tersebut merupakan cetakan yang terdapat banyak  kekeliruan. Termasuk diantaranya adalah kalimat yang ia nukil di atas.  Kalimat yang ia nukil tersebut merupakan tambahan yang tidak terdapat  dalam manuskrip yang mahfudh. Perhatikan lafadh cetakan Dr. Fauqiyyah di bawah :
وأن الله تعالى استوى على العرش  على الوجه الذي قاله وبالمعنى الذي أراده استواء منزها عن الممارسة  والاستقرار والتمكن والحلول والانتقال لا يحمله العرش، بل العرش وحملته  محمولون بلطف قدرته ومقهورون في قبضته وهو فوق العرش وفوق كل شيء إلى تخوم  الثرى فوقية لا تزيده قربا إلى العرش والسماء بل هو رفيع الدرجات عن العرش  كما أنه رفيع الدرجات عن الثرى وهو مع ذلك قريب من كل موجود وهو أقرب إلى  العبد من حبل الوريد وهو على كل شيء شهيد
“Dan bahwasannya Allah ta’ala ber-istiwaa’ di atas ‘Arsy dalam bentuk sebagaimana yang Ia firmankan. Adapun makna istiwaa’ sebagaimana yang dimaksudkan adalah : Terbebas dari bersentuhan, menetap, bertempat tinggal, mendiami, serta berpindah (tempat).  ‘Arsy  tidak membawa/mengangkat Allah, namun ‘Arsy dan malaikat pemikulnya lah  yang dibawa/diangkat oleh Allah dengan kekuasaannya, serta dikuasai  dalam genggaman-Nya; sedangkan Ia berada di atas ‘Arsy. Dan Allah berada  di atas segala sesuatu. Keberadaan Allah di atas segala sesuatu (fauqiyyah)  tidaklah menambah dekat kepada ‘Arsy dan langit. Namun hal itu  menunjukkan makna tingginya kedudukan Allah dari ‘Arsy sebagaimana juga  ketinggian kedudukan Allah dari muka bumi. Bersamaan dengan itu, Allah  sangat dekat dengan segala sesuatu. Dia lebih dekat dengan hamba dari  urat lehernya. Dan Allah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu”  [selesai].
Yang mahfudh dari perkataan Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah sebagaimana  terdapat dalam beberapa manuskrip – sebagaimana ditegaskan oleh Dr.  Shaalih bin Muqbil Al-‘Ashimiy dalam desertasinya – adalah sebagai  berikut :
وأن الله استوى على عرشه كما قال : (الرحمن على العرش استوى).
“Dan bahwasannya Allah berada di atas ‘Arsy-Nya sebagaimana firman-Nya : ‘(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas 'Arsy’ (QS. Thaha : 5)” [lihat Al-Ibaanah ‘an Ushuulid-Diyaanah oleh Abul-Hasan Al-Asy’ary hal. 9; Daar Ibni Zaiduun, Cet. 1] – perhatikan kalimat yang saya garis bawah !!
Apalagi hal itu dikuatkan dari nukilan Adz-Dzahabi rahimahullah dalam kitab Al-‘Ulluw lil-‘Aliyyil-Ghaffaar sebagaimana telah lewat penyebutannya - yang persis seperti kalimat di atas tanpa ada penambahan. Hal yang sama oleh Ibnu ‘Asaakir dalam Tabyiin Kadzibil-Muftariy hal. 158; Ibnu Taimiyyah dalam Majmu’ Al-Fataawaa 5/142, Dar’ut-Ta’arudl Al-‘Aql wan-Naql 7/104, dan Bayaan Talbiisil-Jahmiyyah 2/15; Ibnul-Qayyim dalam Ijtimaa’ul-Juyuusy Al-Islaamiyyah hal. 169; Ibnul-‘Imad dalam Syadzdzaraatudz-Dzahab 2/304; Al-Alusiy dalam Ruuhul-Ma’aaniy 1/60 (dengan peringkasan); ‘Abdul-Baqiy Al-Hanbaliy dalam Al-‘Ain wal-Atsar fii Mawaahibi Ahlil-Atsar hal. 111; dan lain-lain – dimana semua menukil/menyebutkan tanpa adanya penambahan kalimat dalam cetakan Dr. Fauqiyyah.  Perlu  diketahui bahwa kalimat tambahan di atas hanya ada dalam  naskah/manuskrip yang terdapat di Iskandariyyah yang kemudian dijadikan  acuan dalam cetakan Dr. Fauqiyyah. Adapun dalam naskah-naskah  (manuskrip) yang lain tidak terdapat tambahan kalimat tersebut. Selain  itu, kelemahan naskah/manuskrip ini adalah tidak diketahuinya siapa yang  menulisnya/menyalinnya dan tanggal penulisannya. Banyak hal yang  menunjukkan kelemahan tambahan ini. Apalagi tambahan lafadh tersebut  merupakan gaya khas Mu’tazilah yang banyak melakukan ta’wil (seperti Asy’ariyyuun) dimana madzhab ini telah ditinggalkan – dan bahkan dicela – oleh Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah. Kuat penunjukkannya adanya tambahan ini berasal dari Al-Ghazaliy rahimahullah, karena tambahan lafadh ini hanya tertulis dalam tiga buah kitabnya, yaitu : Ihyaa ‘Uluumiddin 1/90, Al-Arba’iin fii Ushuuliddiin hal. 7-8, dan Qawaaidul-‘Aqaaid hal. 52. 
Scan kitab Al-Ibaanah hal. 9 (Daar Ibni Zaiduun) dapat dilihat di bawah :
Kalangan salaf rahimahullah telah sepakat bahwa Allah ta’ala ber-istiwaa’ (bersemayam) di atas ‘Arsy dan tidak ada sesuatu apapun yang tersembunyi dari-Nya di antara perbuatan-perbuatan mereka. Makna istiwaa’ Allah adalah hakiki, bukan seperti istiwaa’ (bersemayam)-nya makhluk. 
Dalam menafsirkan kata istiwaa’, kalangan salaf mempunyai empat ungkapan : al-‘ulluw (ketinggian), al-irtifa’ (meninggi), as-su’uud (naik), dan al-istiqrar (menetap). Allah ber-istiwaa’ di atas ‘Arsy bukan karena Dia membutuhkan ‘Arsy. 
Banyak dalil yang mendasari tentang ‘aqidah ini, diantaranya :
Firman Allah ta’ala :
إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy” [QS. Al-A’raf : 54].
إِنَّ  رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ فِي سِتَّةِ  أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُدَبِّرُ الأمْرَ
“Sesungguhnya  Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam  masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy untuk mengatur segala  urusan” [QS. Yunus : 3].
وَهُوَ  الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ وَكَانَ  عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلا
“Dan  Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah  ‘Arsy-Nya di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang  lebih baik amalnya” [QS. Huud : 7].
Juga sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam :
إن الله لما قضى الخلق، كتب عنده فوق عرشه: إن رحمتي سبقت غضبي
“Sesungguhnya  Allah ketika Dia selesai menciptakan ciptaan-Nya, Dia menulis di  sisi-Nya di atas ‘Arsy-Nya : Sesungguhnya rahmat-Ku mendahului murka-Ku” [HR. Al-Bukhari no. 7422 dan Muslim no. 2751].
عن أنس قال : فكانت زينب تفخر على أزواج النبي صلى الله عليه وسلم تقول: زوَّجكنَّ أهاليكنَّ، وزوجني الله تعالى من فوق سبع سماوات
Dari Anas ia berkata : Adalah Zainab membanggakan dirinya atas istri-istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam,  ia berkata : “Yang menikahkan kamu (dengan Nabi) adalah  keluarga-keluargamu, sedangkan yang menikahkan aku adalah Allah ta’ala  yang berada di atas tujuh langit” [HR. Al-Bukhari no. 7420].
Diriwayatkan  oleh Syaikhul-Islaam Abul-Hasan Al-Hakariy dan Al-Haafidh Abu Muhammad  Al-Maqdisiy melalui isnad mereka yang sampai kepada Abu Tsaur dan Abu  Syu’aib; mereka berdua dari Al-Imam Muhammad bin Idris Asy-Syaafi’iy,  seorang pembela hadits rahimahullah. Beliau berkata :
القول  في السنة التي أنا عليها، ورأيت عليها الذين رأيتهم، مثل سفيان ومالك  وغيرهما، الإقرار بشهادة أن لا إله إلا الله، وأن محمدا رسول الله، وأن  الله على عرشه في سمائه، يقرب من خلقه كيف شاء، وينزل إلى السماء الدنيا  كيف شاء.... وذكر سائر الاعتقاد.
“Pendapatku  tentang Sunnah, dimana aku berpegang kepadanya, dan juga berpegang  kepadanya orang-orang yang aku lihat semisal Sufyan, Malik, dan  lain-lain; yaitu pengakuan terhadap persaksian bahwa tidak ada tuhan  yang berhak untuk disembah selain Allah dan bahwa Muhammad itu utusan  Allah, dan bahwa Allah itu berada di atas ‘Arsy-Nya yang ada di  langit-Nya. Dia mendekat kepada makhluk-Nya menurut apa yang Dia  kehendaki dan turun ke langit terendah menurut apa yang Dia kehendaki”.  Lalu beliau (Al-Imam Asy-Syafi’iy) pun menyebutkan seleuruh i’tiqad-nya” [Mukhtashar Al-‘Ulluw, hal. 176].
Oleh karena itu, makna istiwaa’ adalah sebagaimana dhahirnya. Bukan di-ta’wil dengan istilaa’ (menguasai) sebagaimana diyakini oleh Asy’ariyyah – yang hal ini justru dibantah oleh Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah dalam kitab Al-Ibaanah dan Maqaalatul-Islaamiyyiin, sebagaimana telah berlalu penyebutannya.
Mereka (ahlul-bida’) juga berkata :
Para pengkaji mendapati dua pasal dari kitab al-Ibanah yang telah dimuatkan di dalam kitab tabyin kizb al-muftari karangan Imam Ibnu Asakir dan kitab al-Ibanah yang berada dipasaran ternyata dengan jelas terdapat pemalsuan.
Contoh pemalsuan kitab al-Ibanah:
Kitab Ibanah yang berada dipasaran : halaman 16 (وأنكروا أن يكون له عينان…. )
Kalimah عينان dengan lafaz tathniah(menunjukkan dua).
Kitab Ibanah cetakkan Dr Fauqiyyah : halaman 22 (وأن له عينين بلا كيف….)
Kalimah yang digunakan juga adalah dari lafaz tathniah(menunjukkan dua).
Kitab Ibnu Asakir halaman 158 : (وأن له عينا بلا كيف….)
Kalimah yang digunakan adalah lafaz mufrad ( satu )
Kalimah mufrad adalah bertepatan dan tidak bertentangan dengan al-Kitab ,al-Sunnah dan pendapat-pendapat salaf.Ini kerana lafaz عينين tidak warid (datang) di dalam al-Kitab dan al-Sunnah. Ini kerana menduakan kalimah عين adalah  dianggap mengkiaskan Allah dengan makhluk yang sesuatu yang dapat  disaksikan secara zahir .Maha suci Allah dari yang demikian itu.
Ini  adalah satu kedustaan sekaligus kejahilan dari si empunya kalam. Orang  ini – dengan tulisannya di atas – semakin menunjukkan minimnya  pengetahuan yang dimiliki. Namun sungguh disayangkan jika ia berpuas  diri dengan statement tanpa arti.
Sudah sangat lazim bahwa di alam percetakan kitab terdapat banyak perbedaan lafadh.  Jangan buru-buru menuduh adanya pemalsuan. Mungkin disebabkan oleh  faktor teknis pencetakan ataupun memang perbedaan manuskrip yang  dijadikan acuan. Ini terjadi dalam cetakan kitab para ulama. Misalnya, tahqiq yang dilakukan oleh Asy-Syaikh Ahmad Syaakir dan Mahmud Syaakir – ahli hadits Mesir -  terhadap Tafsir Ath-Thabariy; Asy-Syaikh Syu’aib Al-Arna’uth terhadap Jaami’ul-Ulum wal-Hikaam; Asy-Syaikh Masyhur bin Hasan Alu Salman terhadap Al-I’tishaam lisy-Syaathibi;  dan yang lainnya yang semuanya menjelaskan pada kita adanya perbedaan  lafadh dalam beberapa cetakan kitab yang beredar. Kemudian, para muhaqqiq tersebut melakukan tashhih (koreksi) atas beberapa manuskrip atau cetakan yang ada untuk menghasilkan satu matan kitab yang sesuai dengan aslinya. 
Tentu  saja kenyataan ini berbeda dengan ahlul-bid’ah yang jarang/tidak pernah  melakukan penelitian, sebagaimana telah dikatakan sebelumnya. Jika ia  menemukan perbedaan lafadh dalam satu cetakan kitab, maka ia pilih yang  sesuai dengan hawa nafsunya serta melemparkan tuduhan kepada pihak yang  beseberangan dengannya sebagai pihak yang telah memalsukan kitab. 
Kembali kepada kitab Al-Ibaanah, jika yang dipermasalahkan adalah kata mata/‘ain (عَيْنٌ) yang merupakan salah satu sifat dzatiyyah bagi Allah – apakah ia berbentuk mufrad (tunggal) atau mutsanna (mempunyai pengertian dua) –, maka seharusnya kita kembalikan kepada matan kitab Al-Ibaanah  itu sendiri. Segala nukilan yang ada di kitab lain, maka itu bukan  menjadi acuan utama. Bahkan jika ada perbedaan antara nukilan dengan  matan kitab asli, kita harus mengembalikannya kepada matan kitab asli  dan mengoreksi nukilan tersebut. Tidak terkecuali dalam permasalahan  ini. Terdapat perbedaan lafadh dari manuskrip yang ada. Dr. Shaalih bin  Muqbil Al-‘Ashimiy hafidhahullah dalam desertasinya terhadap kitab Al-Ibaanah telah menjelaskan bahwa bentuk mufrad (tunggal) memang terdapat dalam salah satu naskah/manuskrip. Namun dalam naskah/manuskrip lainnya menggunakan bentuk mutsannaa (عَيْنَيْنِ). Dan inilah yang mu’tamad (sah) :
وأن له سبحانه عينين بلا كيف كما قال سبحانه : ( تجري بأعيننا ) من الآية ( 14 )
“Allah mempunyai dua mata tanpa ditanyakan bagaimananya, sebagaimana firman-Nya : ‘Yang berlayar dengan mata-mata Kami’ (QS. Al-Qamar : 14)”.
Dan seperti itulahlah yang dinukil oleh Adz-Dzahabi dalam Al-‘Ulluw (hal. 262) dari kitab At-Tabyiin karangan Ibnu ‘Asaakir (sebagaimana telah disebutkan di atas).
Kalaulah  hal ini dianggap sebagai satu perbedaan, maka perbedaan ini tidaklah  bertentangan karena Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah ingin menetapkan sifat ‘ain/mata pada Allah ta’ala – dimana hal itu dinafikkan oleh Asy’ariyyah dan semisalnya. 
Dalam Al-Qur’an, kata ‘ain disebutkan dalam bentuk mufrad yang di-idlafah-kan kepada dlamir mufrad, dan juga dalam bentuk jamak yang di-idlafah-kan kepada dlamir jamak. 
Contoh kata ‘ain yang disebutkan dalam bentuk mufrad yang di-idlafah-kan kepada dlamir mufrad adalah :
وَلِتُصْنَعَ عَلَى عَيْنِي
“Dan supaya kamu diasuh di bawah mata (pengawasan)-Ku” [QS. Thaha : 39].
Penyebutan kata ‘ain (mata) dalam bentuk mufrad di sini tidak berarti hanya menunjukkan satu ‘ain (mata) saja, sebagaimana firman Allah ta’ala :
وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لا تُحْصُوهَا
“Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghitungnya” [QS. Ibraahiim : 34].
Yang dimaksud adalah, kenikmatan-Nya yang bemacam-macam yang tidak termasuk dalam pembatasan dan bilangan.
Contoh kata ‘ain yang disebutkan dalam bentuk jamak yang di-idlafah-kan kepada dlamir jamak adalah :
وَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعْيُنِنَا وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ
“Dan  bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu  berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu  ketika kamu bangun berdiri” [QS. Ath-Thuur : 48].
Adapun penetapan sifat bahwasannya Allah mempunyai dua mata (‘ainaan - عَيْنَانِ) adalah hadits Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhuma, bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
إن الله لا يخفى عليكم، إن الله ليس بأعور - وأشار بيده إلى عينه - وإن المسيح الدجال أعور العين اليمنى، كأن عينه عنبة طافية
“Sesungguhnya Allah tidaklah tersembunyi darimu. Sesungguhnya Allah itu tidak buta sebelah mata-Nya” - Beliau mengatakan sambil berisyarat kepada matanya - . “Sesungguhnya Al-Masih Ad-Dajjal itu buta sebelah matanya yang kanan, seakan-akan buah anggur yang mengapung (menonjol keluar)” [HR. Al-Bukhari dan Muslim].
Perkataan : ‘beliau mengatakan sambil berisyarat kepada matanya’ dalam hadits Dajjaal di atas menunjukkan bahwa makna ‘ain (mata) yang dinisbahkan kepada Allah adalah makna dhahir, bukan ta’wil sebagaimana diyakini oleh Asy’ariyyah. Mereka (Asy’ariyyah) menakwilkan sifat mata (‘ain) dengan ilmu (al-‘ilmu). 
Hal senada dengan di atas adalah apa yang diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma :
عن عطاء : عن ابن عباس رضي الله عنه في قوله عز وجل : (تَجْرِيْ بِأَعْيُنِنَا) [القمر : ١٤]. قَالَ : أشار بيده إلى عينيه.
Dari ‘Athaa’ : Dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma mengenai firman Allah ‘azza wa jalla : ‘Yang berlayar dengan mata-mata Kami’  (QS. Al-Qamar : 14), maka ‘Athaa’ berkata : Ibnu ‘Abbas berisyarat  dengan tangannya kepada dua matanya’ [Diriwayatkan oleh Al-Laalika’iy,  3/411; di dalam sanadnya terdapat ‘Aliy bin Shadaqah yang tidak  diketemukan biografinya, adapun perawi yang lainnya adalah tsiqah – dinukil melalui perantaraan Al-Asyaa’irah fii Mizaani Ahlis-Sunnah oleh Faishal bin Qazaar Al-Jaasim, hal. 90; Al-Mabarratul-Khairiyyah li-‘Uluumil-Qur’an was-Sunnah, Cet. Thn. 1428, Kuwait].
Al-Imam Asy-Syafi’iy rahimahullah berdalil dengan hadits Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhuma di atas untuk menetapkan sifat dua mata bagi Allah ta’ala, dengan perkataannya :
وَأَنَّهُ لَيسَ بِأَعْوَرَ بِقَولِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم  إِذْ ذَكَرَ الدَّجَّالَ فَقَالَ : إِنَّهُ أَعْوَرُ، وَإِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ.
“Bahwasannya Allah itu tidak buta sebelah mata-Nya dengan dasar sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika menyebutkan perihal Dajjaal, beliau bersabda : ‘Sesungguhnya Dajjal itu buta sebelah matanya, dan sesungguhnya Rabb kalian tidak buta sebelah mata-Nya” [Thabaqaatul-Hanaabilah oleh  Al-Qadli Abu Ya’la Al-Farraa’, 2/269, tahqiq : Dr. ‘Abdurrahman bin  Sulaiman Al-‘Utsaimin; Terbitan Univ. Ummul-Qurra’, Cet. Thn. 1419].
Al-Imam Al-Baihaqi rahimahullah juga berdalil dengan hadits di atas ketika menetapkan sifat ‘ain (mata) sebagai salah satu sifat dzatiyyah bagi Allah ta’ala [lihat Al-Asmaa’ wash-Shifaat oleh Ahmad bin Al-Husain Al-Baihaqiy, 2/114-115, tahqiq : ‘Abdullah bin Muhammad Al-Haasyidiy; Maktabah As-Suwadiy].
I’tiqad bahwasannya Allah mempunyai dua mata adalah i’tiqad para imam salaf Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah. 
Telah berkata Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah :
“Telah berkata Ahlus-Sunnah dan Ashhaabul-Hadiits :  Allah tidak bersifat mempunyai badan (seperti makhluk), dan tidak pula  Dia menyerupai sesuatupun (dari makhluk-Nya). Dan bahwasannya Dia berada  di atas ‘Arsy sebagaimana firman-Nya ‘azza wa jalla : ‘(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas 'Arsy’  (QS. Thaha : 5). Kami tidak mendahului Allah dengan satu perkataanpun  tentangnya, namun kami mengatakan bahwa Allah bersemayam (istiwaa’) tanpa menanyakan bagaimananya. Dan bahwasannya Allah mempunyai cahaya sebagaimana firman-Nya ta’ala : ‘Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi’ (QS. An-Nuur : 35). Dan bahwasannya Dia mempunyai wajah sebagaimana firman Allah : ‘Dan tetap kekal wajah Tuhan-Mu’ (QS. Ar-Rahmaan : 27). Dan bahwasannya Dia mempunyai dua tangan sebagaimana firman-Nya : ‘Kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku’ (QS. Shaad : 75). Dan bahwasannya Dia mempunyai dua mata sebagaimana firman-Nya : ‘Yang berlayar dengan mata-mata Kami’ (QS. Al-Qamar ; 14)” [Maqaalatul-Islaamiyyiin  oleh Abul-Hasan Al-Asy’ariy, hal. 260-261, tahqiq : Muhammad Muhyiddin  ‘Abdul-Hamiid; Maktabah An-Nahdlah Al-Mishriyyah, Cet. 1/1369 H].
Scan kitab Maqaalatul-Islaamiyyiin karya Al-Imam Abul-Hasan Al-Asy’ariy rahimahullah, hal. 260-261 (Maktabah An-Nahdlah Al-Mishriyyah, Cet. 1/1369 H) dapat dilihat di bawah :
Telah berkata Al-Imam Al-Laalika’iy rahimahullah :
سياق ما دل من كتاب الله عز وجل وسنة رسوله صلى الله عليه وسلم على أن من صفات الله عز وجل الوجه والعينين واليدين
“Pembicaraan yang ditunjukkan oleh Kitabullah ‘azza wa jalla dan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah : Termasuk sifat-sifat Allah ‘azza wa jalla adalah (bahwa Dia mempunyai) wajah, dua mata, dan dua tangan” [Tahqiq Kitaab Syarh Ushuulil-I’tiqaad Ahlis-Sunnah wal-Jama’ah li-Abil-Qaasim Hibatullah Al-Laalikaiy oleh Ahmad bin Mas’ud Al-Hamdaan, 3/412; desertasi S3 Universitas Ummul-Qurra’].
Telah berkata Al-Imam Ibnu Khuzaimah rahimahullah :
فواجب على كل مؤمن أن يثبت الخالقه وبارئه ما ثبّت الخالق البارئ لنفسه، من العين،  غير مؤمن : من ينفي عن الله تبارك وتعالى ما قد ثبته الله في محكم تنزيله،  ببيان النبي صلى الله عليه وسلم الذي جعله الله مبينًا عنه، عز وجل، في  قوله : (وأنزلنا إليك الذكر لتبين للناس ما نزل إليهم)، فبين النبي صلى الله عليه وسلم أن الله عينين، فكان بيانه موافقًا لبيان محكم التنزيل، الذي هو مسطور بين الدفتين، مقروء في المحاريب الكتاتيب.
“Maka,  wajib bagi setiap mukmin untuk menetapkan bagi Al-Khaaliq Al-Baari  (Allah) apa-apa yang telah ditetapkan oleh Al-Khaaliq Al-Baari bagi  diri-Nya, yaitu sifat ‘ain (mata). Sebaliknya, bukan termasuk golongan mukmin orang yang menafikkan dari Allah tabaaraka wa ta’ala apa-apa yang telah ditetapkan oleh Allah di dalam Muhkam At-Tanzil-Nya (Al-Qur’an) dan ditambah penjelasan dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang memang dijadikan Allah sebagai juru penerang untuk setiap khabar yang berasal dari-Nya, melalui firman-Nya : ‘Dan Kami turunkan kepadamu Al Qur'an, agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka’ (QS. An-Nahl : 44). Maka, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pun menjelaskan bahwa bagi Allah itu mempunyai dua mata, dan penjelasannya itu sejalan dengan penjelasan Muhkam At-Tanzil (Al-Qur’an) yang tertera di antara lembaran-lembaran yang dibaca di mihrab-mihrab ataupun di tempat-tempat pengajian” [Kitaabut-Tauhiid wa Itsbaati Shifaatir-Rabb ‘Azza wa Jalla oleh Ibnu Khuzaimah, hal. 97, tahqiq : Dr. ‘Abdul-‘Aziiz bin Ibrahim Asy-Syahwaan; Daar Ar-Rusyd, Cet. 1/1408 H].
Menetapkan  sifat dua mata, dua tangan, wajah, kaki, jari-jari, dan yang lainnya  dari sifat dzatiyyah Allah sebagaimana dhahir maknanya bukan merupakan tasybih (penyerupaan Allah kepada makhluk-Nya). Apalagi sampai menuduh sebagai mujassimah atau musyabbihah ! 
Al-Imam Ishaq bin Rahawaih rahimahullah berkata :
إنما  يكون التشبيه إذا قال : يد مثل يدي أو سمع كسمعي، فهذا تشبيه. وأما إذا  قال كما قال الله : يد وسمع وبصر، فلا يقول : كيف، ولايقول : مثل، فهذا لا  يكون تشبيهاً، قال تعالى : (لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيْعُ  الْبَصِيْرُ
”Tasybih itu  hanya terjadi ketika seseorang itu mengatakan : ”Tangan (Allah) seperti  tanganku, pendengaran (Allah) seperti pendengaranku”. Inilah yang  dinamakan tasybih (penyerupaan). Adapun jika seseorang  mengatakan seperti firman Allah : ’Tangan, pendengaran, penglihatan’ ,  kemudian ia tidak menyatakan : ’bagaimana’ dan ’seperti’; maka itu tidak  termasuk tasybih. Allah berfirman : ”Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat” [Mukhtashar Al-’Ulluw lidz-Dzahabi, hal. 69].
Al-Imam Nu’aim bin Hammad Al-Khuzaa’iy Al-Haafidh rahimahullah berkata :
من شبه الله بخلقه، فقد كفر، ومن أنكر ما وصف به نفسه فقد كفر، وليس ما وصف به نفسه، ولا رسولُه تشبيهاً
”Barangsiapa  yang menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya, maka ia telah kafir.  Barangsiapa yang mengingkari apa-apa yang disifatkan Allah bagi  diri-Nya, maka ia telah kafir. Dan tidaklah apa yang disifatkan Allah  bagi diri-Nya dan (yang disifatkan) Rasul-Nya itu sebagai satu  penyerupaan (tasybih)” [Mukhtashar Al-’Uluuw, hal. 184 no. 216, dengan sanad shahih].
Tuduhan mereka (ahlul-bid’ah) kepada Ahlus-Sunnah sebagai kaum Musyabbihah sudah terjadi semenjak beratus-ratus tahun yang lalu, sebagaimana dikatakan oleh Abu ‘Utsman Ash-Shabuniy rahimahullah :
وعلامات  البدع على أهلها بادية ظاهرة، وأظهر آياتهم وعلاماتهم شدة معاداتهم لحملة  أخبار الني صلى الله عليه وسلم، واحتقارهم لهم وتسميتهم إياهم حشوية وجهلة  وظاهرية ومشبهة، اعتقادا منهم في أخبار الرسول صلى الله عليه وسلم أنها  بمعزل عن العلم، وأن العلم ما يلقيه الشيطان إليهم من نتائج عقولهم  الفاسدة، ووساوس صدورهم المظلمة، وهواجس قلوبهم الخالية من الخير، وحججهم  العاطلة. أولئك الذين لعنهم الله
“Tanda-tanda  bid’ah yang ada pada ahlul-bid’ah adalah sangat jelas. Dan tanda-tanda  yang paling jelas adalah permusuhan mereka terhadap pembawa khabar Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam (yaitu para ahlul-hadits), memandang rendah mereka, serta menamai mereka sebagai hasyawiyyah, orang-orang bodoh, dhahiriyyah, dan musyabbihah. Mereka meyakini bahwa hadits-hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam  tidak mengandung ilmu. Dan bahwasannya ilmu itu adalah apa-apa yang  dibawa setan kepada mereka dalam bentuk hasil pemikiran aka-akal rusak  mereka, was-was yang terbisikkan dalam hati-hati mereka yang penuh  kegelapan, dan hal-hal yang terlintas dalam hati mereka nan kosong dari  kebaikan dan hujjah. Mereka adalah kaum yang dilaknat oleh Allah”  [selesai].
Kesimpulan yang ingin ditekankan di point ini adalah bahwa klaim pemalsuan kitab Al-Ibaanah yang  mereka tuduhkan kepada ‘Wahabi’ sama sekali tidak berdasar. Omong  kosong belaka. Semakin banyak tuduhan mereka justru semakin mengungkap  siapa sebenarnya mereka dan seberapa jauh keilmuan yang mereka miliki.  Akhirnya, kita hanya berharap kepada Allah agar memberikan keistiqamahan  kepada kita semua di atas manhaj yang haq, sekaligus memberikan  petunjuk kepada mereka yang telah tersesat dari jalan-Nya yang lurus.
Abu Al-Jauzaa’ – Perumahan Ciomas Permai, Bogor.
Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah memberikan ta’liq (komentar) di akhir paragraph ini dengan perkataannya :
قلت  : وفي قول الأشعري دليل واضح على بطلان قول الكوثري في تعليقه على ((تبيين  كذب المفتري)) (ص ٢٨) أن كتاب الإبانة هذا هو على طريقة المفوضة في  الإمساك عن تعيين المراد، وهو مذهب السلف !
فإن كلام الأشعري الذي نقله  المصنف رحمه الله عن ((الإبانة)) وأشارنا إلى محله منه صريح في تعيين  المراد، وهو أن الاستواء بمعنى العلو، فأين التفويض والإمساك عن تعيين  المراد الذي زعمه الكوثري، ولا شك أن قوله ((وهو مذهب السلف))، كذب أيضًا  كما يعلمه من درس أقوالهم في كتب أصول السنة التي جمعها المصنف رحمه الله  تعالى في كتابه ((العلو)) فأوعى، ثم قربتها إليك في ((مختصره)) هذا، منبهًا  على ما صح إسناده منها كما ترى.
“Aku katakan : Dalam perkataan Al-Asy’ariy terdapat dalil yang jelas atas bathilnya perkataan Al-Kautsariy dalam ta’liq-nya terhadap kitab Tabyiinu Kadzibil-Muftariy (hal. 28) bahwasannya kitab Al-Ibaanah ditulis di atas metode Mufawwidlah  dalam menahan diri untuk tidak memberikan penjelasan makna (terhadap  sifat Allah). Dan (menurut Al-Kautsariy) inilah manhaj salaf !!